10 Kerajaan Islam di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

gomuslim.co.id - Jejak penyebaran Islam di Indonesia memiliki beberapa peninggalan sebagai tanda. Salah satunya adalah keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa ada beberapa versi terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia.

Merunut beberapa teori yang ada, ajaran Islam masuk ke Indonesia melalui orang-orang dari berbagai bangsa. Sebagian dari mereka ada yang datang ke Nusantara untuk berdagang sembari berdakwah. Ada pula kaum ulama atau ahli agama yang memang datang ke Nusantara untuk mensyiarkan ajaran Islam.

Terlepas dari perdebatan dan diskusi yang kemudian muncul, ke-4 teori terkait masuknya Islam di Indonesia tersebut antara lain Teori India (Gujarat), Teori Arab (Makkah), Teori Persia (Iran), dan Teori Cina.

Persebaran agama Islam di Nusantara kian berkembang seiring munculnya berbagai kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Islam di Indonesia memiliki peran penting dalam menyebarkan ajaran Islam ke seluruh wilayah Nusantara.

Dari sekian banyak kerajaan Islam di Indonesia, berikut adalah rangkuman 10 kerajaan Islam di Indonesia lengkap dengan jejak peninggalan yang masih bisa kamu lihat hingga sekarang.

1. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Di mana kerajaan Islam ini berdiri pada tahun 1267-1521. Letak kerjaan ini terdapat di Kabupaten Lhokseumawe, Aceh Utara. Samudera Pasai didirikan oleh Sultan Malik Al-Saleh. Ia juga merupakan pemimpin pertama dari kerajaan Islam tertua di Indonesia tersebut.

2. Kerajaan Demak

Sesuai namanya, kerajaan Islam ini berada di Demak, Jawa Tengah. Pendiri dari Kerajaan Demak ini ialah Raden Patah pada tahun 1478. Kerajaan Demak memiliki peran yang amat besar akan perkembangan Islam di Pulau Jawa.

3. Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan Aceh Darussalam yang terletak di Banda Aceh ini berdiri pada tahun 1496. Pemimpin pertama dari kerajaan tersebut ialah Sultan Ali Mughayat Syah. Selama masa jayanya, Kerajaan Aceh Darusalam terkenal akan hasil ladanya. Bahkan menjadi penghasil lada terbesar di nusantara.

4. Kerajaan Mataram

Di Kota Yogyakarta juga terdapat peradaban Islam. Hal ini ditandai keberadaan Kerajaan Mataram yang berdiri di Kotagede sejak tahun 1528. Selama berdiri, ada 6 raja yang tercatat pernah memimpin kerajaan ini. Puncak kejayaan dari Kerajaan Mataram terjadi pada masa kepemimpinan Raden Mas Rangsang (Sultan Agung).

5. Kerajaan Cirebon

Kerajaan Cirebon didirikan oleh Raden Fatahillah pada tahun 1522. Sebagai raja pertama, Raden Fatahillah berhasil membawa Kerajaan Cirebon mencapai puncak kejayaannya selama masa kepemimpinannya.

6. Kerajaan Buton

Kerajaan Buton ini terletak di Sulawesi Tenggara. Pada masa pemerintahan Raja Buton ke-6 alias Sultan Murhum Kaimudin Khalifatul Khamis, Kerajaan Buton pun resmi menjadi kerajaan Islam di Indonesia.

7. Kerajaan Maluku

Kerajaan Islam ini pertama kali didirikan tahun 1257 oleh Baab Mashur Malamo. Kerajaan Maluku yang juga diesebut sebagai Kesultanan Ternate ini memiliki peranan besar dalam persebaran agama Islam di wilayah timur Indonesia.

8. Kerajaan Gowa

Kerajaan ini berdiri pada tahun 1300-1946. Pemimpin pertama kerajaan ini ialah Sultan Hasanuddin. Sementara raja terakhirnya adalah Sultan Muhamamd Abdul Kadir Aiduddin.

9. Kerajaan Pajang

Kerajaan Islam di Indonesia ini merupakan penerus dari Kerajaan Demak yang didirikan oleh Jaka Tingkir pada tahun 1568. Kerajaan Pajang terletak di kelurahan Pajang, Kota Surakarta. Waktu berkuasa Kerajaan Pajang cukup singkat, yakni dari tahun 1548-1586.

10. Kerajaan Banjar

Kerajaan Islam pertama di Kalimantan ini didirikan oleh Raden Samudra pada tahun 1520, yang sekaligus menjadi raja pertama dari kerajaan tersebut. Setelah Raden Samudra Wafat, tahta kerajaan diisi oleh Sultan Rahmatullah.

Sahabat, itulah beberapa kerajaaan islam yang ada di Indonesia, hingga kini ada beberapa bukti sejarah yang masih terjaga. (Wan/Wikipedia/Tirto/CNNIndonesia)


Back to Top