:
:
Hikmah
Berkah Sering Membaca Basmallah, Pertolongan Itu Datang

gomuslim.co.id – Kisah ini mengingatkan kepada kita umat Islam agar selalu melibatkan Allah dalam segala aktivitas sehari-hari. Paling minimal membaca basmallah dan berdoa sebelum melakukan sesuatu.

Begini kisahnya. Ada seorang perempuan tua yang taat beragama. Namun dia mempunyai suami yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama (syariat). Bahkan, si suaminya ini tidak mau berbuat kebaikan.

Perempuan itu sentiasa membaca Basmallah setiap kali hendak bercakap. Setiap kali hendak memulakan sesuatu, dia tidak pernah lupa mendahuluinya dengan membaca Basmallah. Suaminya tidak suka dengan sikap istrinya dan sentiasa mengolok-olok istrinya.

Suaminya berkata sambil mengejak, "Asyik Bismillah, Bismillah. Sekejap-sekejap Bismillah."

Istrinya tidak berkata apa-apa mendengar ejekan itu. Sebaliknya, dia berdoa kepada Allah SWT supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu ketika, suaminya berkata: "Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu."

 

Baca juga:

Kisah Orang Saleh yang Berhenti Baca Salawat Nabi

 

Untuk membuat sesuatu yang memeranjatkan istrinya, dia memberikan uang yang banyak kepada istrinya seraya berkata, "Simpan duit ini."

Istrinya mengambil uang itu dan menyimpannya di tempat yang aman. Namun, si suami sudah melihat tempat yang disimpan oleh istrinya itu.

Kemudian dengan senyap-senyap, suaminya itu mengambil uang tersebut dan membuang uang itu ke dalam perigi di belakang rumahnya.

Setelah beberapa hari kemudian, suaminya itu memanggil istrinya dan berkata, "Mana uang yang aku berikan kepada kamu dahulu untuk disimpan?"

Kemudian istrinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu. Si suami dengan berhati-hati menghampiri tempat istrinya menyimpan uang.

Sebelum membuka, si istri membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim." Ketika itu, Allah SWT menghantar malaikat Jibrail AS untuk mengembalikan uang itu ke tempat asalnya. Si istri pun menyerahkan uang itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terperanjat si suami. Dia merasa bersalah dan mengakui segala perbuatannya kepada istrinya. Ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah SWT. Dia juga mengikuti kebiasaan si istri yang membaca Basmallah apabila hendak memulakan suatu pekerjaan.

 

Sumber: 1001 Kisah Teladan Islam

Responsive image
Other Article