Istri Abu Lahab Mendapatkan Siksa Karena Hal Ini

gomuslim.co.id - Banyak pertanyaan mengenai penyebab istri Abu Lahab mendapatkan siksa karena hal apa ? Hal itu lantaran terdapat surah yang secara khusus menjelaskan mengenai Abu Lahab dan Istrinya yang mendapat siksasan.

Dalam berbagai sumber disebutkan mengenai beberapa orang yang telah dijamin masuk neraka. Tercatat ada 11 orang, salah satunya adalah istri Abu Lahab yang bernama Ummu Jamil. Bersama Abu Lahab, sang istri yang merupakan bibi ipar Rasulullah tersebut dikatakan akan mendapat siksaan di akhirat.

Mereka dijebloskan kedalam neraka akibat penentangan dan prilaku buruk terhadap Nabi Muhammad. Abu Lahab bersama istrinya adalah penentang keras dakwah Rasul. Bahkan secara terang-terangan, Abu Lahab menyatakan bahwa ia tak setuju dengan dakwah Rasul. Walaupun sebearanya Abu Lahab Adalah paman kandung Nabi Muhammad.

Abu Lahab pernah memaki, mencela dan memfitnah rasul. Bahkan Abu Lahab juga berusaha dengan melawan, bahkan mencelakai keponakannya sendiri. Dalam pelasanaan perlawanan itu, Abu Lahab mengajak istrinya.

Ummu Jamil pun untuk turut serta melakukan sejumlah aksi. Salah satunya adalah dengan sengaja menaruh kayu dan tumbuhan berduri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah SAW agar beliau celaka.

Tak sampai disitu, kepandaian Umu Jamil dalam berbicara ia manfaatkan untuk menebar fitnah dan adu domba. Wanita yang kemudian dikenal sebagai tokoh wanita Quraisy dan saudara perempuannya Abu Sufyan ini pun menebar adu domba dengan harapan terjadinya celaka pada Rasulullah.

Bersama sang suami yang buruk kelakuanya itu, Umu Jamil bahu membahu untuk menjatuhkan Rasulullah hingga akhir hayat.

Pasangan suami istri ini sangat cocok, sifat buruk mereka pun dikenal abadi. Bahkan banyak yang memberi gelar kepada mereka sebagai pasutri paling buruk yang pernah ada. Selain menentang islam, ketegaan mereka mencelakai keponakan sendiri adalah bukti buruknya sifat.

Pada akhir hayatnya jenazah Abu Lahab amat buruk kondisnya. Tetangganya membiarkan selama 3 hari hingga bau busuk amat menyegat. Dalam riwayat, Abu Lahab meninggal akibat penyakit bisul di sekujur tubuhnya. Atas perilaku dan watak keduanya, mereka pun diabadikan dalam Alquran. Atas semua tindakan itu, keduanya disebut dengan jelas sebagai orang yang celaka dan akan masuk ke dalam neraka.

Binasalah kedua tangan Abu Lahab, dan benar-benar binasa dia. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api neraka (yang bergejolak). Dan begitu pula istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal - Qur'an surat al-Lahab ayat 1-5 -

Ayat diatas menegaskan tentang Abu Lahab yang kelak dipastikan masuk kedalam neraka bersama istrinya, sang istri disebut pembawa kayu bakar akibat suka menyebarkan fitnah dan adu domba. Kesimpulan dari mengapa Istri Abu Lahab Mendapatkan Siksa adalah Karena sifat buruknya terhadap Nabi. Ia menebar adu domba dan kebencian terhadap Nabi Muhammad di kalangan penduduk mekah. Ia menentang keras dakwah nabi sepanjang hayatnya. Suatu saat ia pun pernah melakukan hal sanga keji yakni menerbarkan duri di jalan yang biasa dilwati Rasul hingga kaki rasul dan para sahabat pun terluka.

Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.

Tafsir Quran Surat Al-Lahab Ayat 4. Dan istrinya, Ummu Jamil yang telah menyakiti Nabi SAW dengan menabur duri di jalan beliau, juga akan masuk ke dalam Neraka.

Dalam sebuah tafsir lain, yakni dari Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, yang dalam pelaksanaanya diawasi oleh seorang iman masjidil haram bernama Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid menafsirkan bahwa: Dia akan masuk api neraka jahanam yang menyala nyala, Begitu juga istriya yang membawa duri-duri lalu meletakkannya di jalan yang dilalui oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menyakiti beliau.

Semoga kisah istri Abu Lahab mendapatkan siksa ini menjadi pelajaran bagi kita. Wallahualam bishawab. (wan,Kisah Web,Tafsir web,Republika,Wikipedia)


Back to Top