Saat Fatimah Meminta Pembantu, Rasulullah Justru Memberikan Dzikir Ini 

gomuslim.co.id -  Lelah, repot, dan pusing adalah keluhan yang terucap dari para ibu rumah tangga ketika sudah merasa banyak pekerjaan dalam rumah. Saat pagi, makanan harus disiapkan, anak-anak juga harus dalam pengawasan, rumah yang tertata rapih akan berantakan kembali itulah gambaran pekerjaan seorang ibu rumah tangga.

Aktivitas rumah tangga memang menguras banyak tenaga. Seorang ibu rumah tangga mulai mengurus rumah dari ia bangun tidur hingga menjelang tidur. Wajar saja jika hal tersebut membuat lelah, begitu juga yang dialami oleh Fatimah Az Zahra putri kesayangan Rasulullah SAW.

Fatimah menikah dengan Ali Bin Abi Thalib, keduanya kemudian hidup dalam keadaan sederhana. Keduanya bahu-membahu dalam urusan rumah tangga. Bahkan Fatimah pun sesekali pernah ikut membantu Ali untuk memenuhi kebutuhan dapurnya.

Padatnya aktivitas yang dilakukan Fatimah, membuat ia merasa kelelahan. Lantas ia pun meminta kepada Rasulullah untuk diberikan pembantu yang bisa meringangkan bebannya.

 

Baca Juga: 

Kisah Ummu Mahjan, Marbot Masjid Perempuan di Masa Rasulullah SAW

 

Dikisahkan pada suatu malam, Fatimah mengadu kepada Rasulullah bahwa ia terlalu lelah dengan urusan rumah tangganya. Diriwayatkan, yang paling menguras tenaga Fatimah adalah alat penggiling yang ia gunakan

Kemudian ia pun meminta agar diberikan pembantu supaya bebannya bisa berkurang. Mendengar permintaan sang anak, Rasulullah kemudian memberikan solusi dan nasihat. Rasulullah memerintahkan Fatimah untuk berdzikir ketimbang memiliki pembantu.

Dari Ali r.a., ia berkata, Fathimah telah mengadu kepadaku tentang kedua tangannya yang capek membuat adonan dari tepuk gandum. Lalu aku berkata, “Jika kamu datang ke bapakmu, maka mintalah pembantu kepadanya.” Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian berdua aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik untuk kalian dari pada seorang pembantu?, jika kalian hendak mendatangi kasur kalian, maka ucapkanlah 33 kali tahmid, 33 kali tasbih, dan 34 kali takbir.” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam kisah ini terdapat pembelajaran berharga, bahwa Rasulullah tidak memanjakan putrinya saat berumah tangga. Rasulullah memberikan solusi atas keluhan yang dirasakan Fatimah dengan dzikir sebelum tidur.


Baca Juga: 

Karena Tamak, Pedagang Ini Justru Merugi

 

Hadits tersebut memang menggambarkan bahwa Rasulullah tidak melarang adanya pembantu, namun Rasulullah memberikan solusi yang lebih baik daripada pembantu yakni dzikir.

Demikianlah nasihat Rasululah kepada Fatimah yang meminta pembantu agar bertasbih, bertahmid dan bertakbir sebelum tidur. Maka, nasihat tersebut bisa kita amalkan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa lelah. (wan) 


Back to Top