Ketika Nabi Ibrahim Minta Nabi Ismail Ceraikan Istrinya Karena Hal Ini

gomuslim.co.id – Alkisah, ketika Nabi Ismail AS tumbuh dewasa dan menikah, sang Ibunda, Siti Hajar pun wafat. Suatu ketika, Nabi Ibrahim AS datang ke Makkah untuk mengunjungi anaknya, yaitu Nabi Ismail.

Ketika itu, Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya.

Berawal dari ketika Nabi Ibrahim datang ke Makkah, saat itu Nabi Ismail sedang tidak berada di rumah. Ia sedang pergi berburu. Nabi Ibrahim pun menemui istri Nabi Ismail dan bertanya ke mana suaminya dan apa pekerjaannya.

Kemudian, istri Nabi Ismail pun menceritakan bahwa suaminya pergi berburu (mencari nafkah) dan kehidupan mereka sangat sulit (miskin). Maka Nabi Ibrahim berkata kepadanya, "Apabila suamimu datang, sampaikan salam dariku dan katakan agar ia mengganti palang pintu rumahnya.”

Kemudian, Nabi Ibrahim segera pulang. Tatkala Nabi Ismail telah datang, ia seakan merasakan sesuatu, maka ia bertanya kepada istrinya. Istrinya lalu bercerita, "Tadi ada seorang tua datang yang sifatnya demikian (ia menyebutkan sifat-sifat Nabi Ibrahim). Ia bertanya tentang engkau dan aku kabarkan kepadanya. Dia juga bertanya tentang kehidupan kita dan aku kabarkan bahwa sesungguhnya kita dalam kesulitan. Dia menitip salam untukmu dan mengatakan agar engkau mengganti palang pintu rumahmu."

Maka, Nabi Ismail pun berkata, "Dia adalah ayahku, dan engkaulah yang dimaksud dengan palang pintu itu. Kembalilah engkau kepada orang tuamu (Nabi Ismail menceraikan istrinya).”

Begitulah kisah singkat yang pernah terjadi pada jaman Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini pun diantaranya: 

1. Banyak berkeluh kesah kepada manusia adalah perbuatan tercela.

2. Jangan suka menceritakan aib keluarga, apalagi terhadap orang yang baru dikenal.

3. Bersyukur kepada Allah SWT serta bersyukur kepada manusia adalah akhlak yang terpuji. Termasuk sifat istri shalihah adalah bersyukur kepada Allah SWT kemudian bersyukur kepada suaminya.

Semoga kisah ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Aamiin. (mga)

Sumber : Instagram @muhammad_khalil_88


Back to Top