:
:
Halal Cooking
Jus Kurma Jahe, Minuman Penghangat yang Menyehatkan

gomuslim.co.id - Salah satu minuman yang bisa menghangatkan tubuh adalah jus kurma jahe. Perpaduan antara jahe dan kurma menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi tubuh, telebih jika minuman ini dikonsumsi dengan porsi yang sesuai.

Di Indonesia, jus kurma jahe juga dikenal dengan beberapa nama, diantaranya jus Kurja, Jus Jakur dan sebagainya. Sesuai dengan namanya, jus ini menggunakan bahan utama kurma dan jahe.

Jahe dikenal sebagai herbal yang bisa menghangatkan tubuh, ketika hujan turun dan udara menjadi dingin, minuman jahe banyak dicari untuk menghangatkan tubuh. Sedangkan kurma, dikenal dengan buah kaya manfaat dan tinggi serat. Kombinasi keduanya dapat membuat Sahabat gomuslim semakin sehat.

Lalu bagaimana cara membuat jus kurma jahe yang enak ? Mudah, pertama, Sahabat gomuslim harus mempersiapkan beberapa bahan berikut ini:

1. 15 buah kurma atau sesuai dengan kebutuhan
2. 3 gelas air hangat
3. 2 ruas jempol jahe
4. Garam dan madu secukupnya

Baca Juga: 

Resep Nasi Goreng Kurma yang Simpel


Kemudian, ikuti langkah berikut ini:

  1. Bersihkan jahe, geprek dan tuang air panas, tunggu hingga berubah warna dan aroma jahe keluar, kemudian saring
  2. Blender kurma, sertakan air secukupnya
  3. Setelah kurma dirasa halus, silahkan campurkan dengan air jahe yang telah diproses sebelumnya. Tambahkan madu dan juga garam sesuai selera
  4. Nikmati selagi hangat, namun jika anda ingin jus jahe yang dingin, maka tunggu beberapa menit dan masukan kedalam kulkas

Selain baik untuk kesehatan, jus jahe kurma juga mampu meningkatkan imunitas tubuh, ramuan ini juga dipercaya dapat memperlancar pencernaan.

Minuman dari jahe dan kurma juga direkomendasikan oleh dr Zaidul Akbar. Menurutnya kurma memiliki sumber kebaikan untuk tubuh jika dikonsumsi setiap harinya. Begitu juga dengan jahe yang mempunyai khasiat yang baik dan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Kurma sebagai sumber asam amino dan makanan terbaik untuk lambung kita karena merupakan superfood yang mengandung sebagian besar kebutuhan zat gizi kita," jelasnya Ustaz Zaidul Akbar dilansir dari akurat, Rabu (31/03/2021).

"Sedangkan jahe, sebagai penghangat dan pembuang lendir dan segudang manfaat lainnya dan juga merupakan salah satu minuman penghuni surga," imbuhnya.

Baca Juga:

Rekomendasi dr. Zaidul Akbar, Begini Cara Mudah Buat Jus Tempe Campur Kurma

Di masa pandemi seperti saat ini, kita patut berikhtiar untuk menjaga kesehatan. Mengkonsumsi minuman sehat seperti jus kurma jahe adalah salah satu ikhtiar menjaga kesehatan. Selamat mencoba. (red).

Responsive image
Other Article