:
:
Halal Cooking
Rekomendasi dr. Zaidul Akbar, Begini Cara Mudah Buat Jus Tempe Campur Kurma

gomuslim.co.id - Cara membuat jus tempe campur kurma sangatlah mudah. Sahabat gomuslim bisa mencoba membuat minuman menyehatkan ini di rumah.

Minuman perpaduan bahan lokal tempe dan buah Timur Tengah kurma ini dipopulerkan oleh dr. Zaidul Akbar atau juga yang dikenal sebagai ustaz Zaidul Akbar. Beliau menamakan resep ini dengan Jurus Sehat Rasulullah (JSR).

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang dibuat dari kedelai. Selain lezat dan murah, tempe mengandung sumber protein tinggi dan juga mengandung antioksidan.

Bahkan dilansir dari Kompas, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB yang juga Ketua Forum Tempe Indonesia (FTI), Made Astana mengatakan, prebiotik dalam tempe lebih tinggi dari yoghurt, dan akan terjaga jika diolah dengan benar.

Sedangkan kurma adalah buah manis yang sangat tinggi kandungan serat. Serat dalam kurma mempunyai keunggulan daibanding serat pada jenis makanan lain yakni memiliki jenis serat larut dan tidak larut. Kedua jenis serat ini sangat ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan.

Antioksidan yang dimiliki oleh kurma juga dapat menghindarkan dari beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer.


Baca Juga: 

Inilah 9 Manfaat Kurma yang Harus Kamu Tahu

 

Kombinasi kurma dan tempe sangat baik bagi kesehatan, khususnya menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan dr Zaidul Akbar pernah mengatakan bahwa jus tempe campur kurma dapat mencegah kangker "Ini sederhana jus kurma campur tempe), tapi kalau saya boleh mangatakan ini bisa sebagai minuman pencegah kangker" terangnya dalam tayangan saluran youtube SobatJSR.

Lalu seperti apa cara membuat jus yang kaya manfaat ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya;

Menyiapkan Bahan Pembuatan

1. Tempe mentah secukupnya
2. 7 butir kurma
3. 400 ml air

Cara Pembuatan

Pertama potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil sehingga mudah saat di blander. Pisahkan daging kurma dengan bijinya. Setelah kurma dan tempe terpotong kecil, campur dengan air 400 ml kemudian blander.

Tunggu sampai benar-benar hancur. Setelah itu jus kurma tempe siap untuk dihidangkan.

Aturan Konsumsi dan Waktu Terbaik

Untuk yang pertama kali meminum jus ini, minum sedikit-sedikit agar perut tidak kaget. Waktu terbaik meminumnya adalah 1 sampai 2 jam menjelang tidur, namun meminumnya dipagi hari juga tidak apa-apa.

Jus tempe campur kurma ini aman dikonsumsi setiap hari. Beberapa kandungan nutrisi seperti zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, seng dan vitamin kunci lainnya seperti B1, B2, B3 dan C dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Sangat simpel kan cara membuat jus tempe campur kurma ini? silakan dicoba ya sahabat gomuslim. (wan)


Baca Juga: 

Cara Memperkuat Sistem Imun Menurut dr. Zaidul Akbar

Responsive image
Other Article