Selain Cantik dan Pandai, Ustazah Nabila Ternyata Hafiz Quran Sejak Usia 17 Tahun

gomuslim.co.id – Nabila Abdul Rahim Bayan, wanita cantik nan anggun jelita ini adalah sosok Muslimah berusia 28 tahun yang memiliki kemampuan menghafal 30 juz alquran (Hafiz Quran) pada usianya ke-17 tahun silam, telah menyita perhatian manusia yang kagum kepadanya.

Ia adalah Juri Hafiz Quran Indonesia 2020. Wanita Solehah ini lahir di mekkah pada 15 April 1992. Nabila menghafal Al Quran sejak usia 5 tahun. Ia diajarkan menghafal Al Quran oleh kedua orang tuanya melalui Juz Amma.

Hingga pada usia 17 tahun, Nabila sudah hafal 30 juz Alquran. Namun, sebaik-baik penghafal Al Quran adalah mereka yang mau turut mengajarkannya. Tak terkecuali Nabila, tiga tahun lalu sosok muslimah yang tumbuh besar di Arab Saudi ini juga turut aktif menjadi pembimbing program intensif menghafal Alquran di Arab Saudi. Ia bahkan menjadi satu-satunya pengajar muda hafiz Quran dari Indonesia.

Sejak kecil, wanita kelahiran 15 April 1992 ini memang sudah dibimbing oleh kedua orang tuanya untuk menghafal Al Quran. Meski Nabila sudah fasih berbahasa Arab, tidak membuat ia langsung mahir menghafal Al-Quran.

Orang tua Nabila pun tetap harus mengajarkannya kedisiplinan dan kesabaran untuk menghafal Al-Quran kepada wanita cantik ini. Semangat serta tekad kuat orang tua muslimah kelahiran Mekkah ini membuat Nabila berhasil hafal 30 Juz Al-Quran saat masih remaja, tepatnya usia 17 tahun. 

Selain kerja keras dan tekad yang kuat, Nabila menerapkan metode menghafal yang yang seimbang antara waktu sekolah dan menghafal. Ia sekolah di pagi hari, kemudian menghafal Al-Quran saat waktu Asar sampai Magrib.

Pengajar Putri Seorang Imam Masjidil Haram

Usai menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Umm Alqura Makkah, wanita yang akrab disapa Nabila ini mulai berdakwah dengan mengajar Al Quran di sebuah lembaga tahfidz Quran di Arab Saudi pada tahun 2013 lalu. Bahkan di lembaga tersebut, ia menjadi satu-satunya pengajar dari Indonesia.

Tak hanya itu saja, Nabilah ternyata menjadi pengajar putri seorang Imam Masjidil Haram Syekh Mahir al-Muaqly. Pada awalnya ia tidak menyadari bahwa salah satu anak didiknya adalah seorang anak Imam Masjidil Haram. Hal inilah yang membuat kebanggaan tersendiri bagi wanita kelahiran 1992 ini. 

Menikah dengan Ustadz Slamet Ibnu Syam

Nabila sudah menikah dengan Ustaz Slamet Ibnu Syam, Pimpinan Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang. Nabila dan suami menikah lewat taaruf singkat.

Keduanya dipertemukan di Mekkah. Menariknya, Nabila dan suami sama-sama penghafal 30 juz Al Quran. Menjadi seorang istri pengasuh pondok pesantren, Nabila turut menjadi pengajar di pondok pesantren sang suami. 

Menjadi Juri Hafiz Indonesia

Kemampuan dalam membaca ayat suci Al Quran tak perlu diragukan lagi, wanita kelahiran 1992 ini didapuk menjadi salah satu juri Hafiz Indonesia di salah satu acara televisi swasta sejak tahun 2016 lalu. 

Hafiz sebuah program religi yang menampilkan kemampuan anak-anak dalam melafalkan dan menghafal rangkaian ayat-ayat Al Quran. Keanggunan serta kepiawaiannya sukses mencuri perhatian publik. 

Berbagi Tips Menghafal Al Quran di YouTube

Pemilik nama lengkap Nabilah Abdul Rahim Bayan juga berdakwah melalui kanal YouTube pribadinya bernama Nabilah Abdul Rahim Bayan. Wanita kelahiran Mekkah ini kerap memberi kajian serta tips menghafal ayat Al Quran. 

Tak hanya itu saja, ia juga mengunggah video murotal ayat suci Al Quran. Saat ini jumlah subscriber istri dari Ustaz Slamet sudah mencapai 11 ribu lebih. 

Demikian sahabat gomuslim, profile tentang juri hafiz Indonesia yang telah menyita perhatian insan umat manusia. (hmz)


Back to Top