Kisah HM Fitno Jadi Miliarder Karena Sedekah

gomuslim.co.id - Indonesia seolah tak pernah habisnya melahirkan banyak miliarder baru. Di tengah kondisi ekonomi yang tak menentu, ada beberapa dari masyarakat Indonesia yang justru tampil sukses dan kaya raya berkat bisnisnya. Salah satunya adalah H Muhammad Fitno, sosok pengusaha muda asal Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Dikenal luas sebagai pengusaha di berbagai bidang seperti properti dan produk fashion, HM Fitno juga merupakan sosok yang sangat dermawan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Ia tak ragu mengeluarkan pundi-pundi rupiah dari kantong pribadinya untuk membantu mereka yang membutuhkan. Ia juga sangat gemar bersedekah 10 juta setiap hari.

Milyarder atau lebih dikenal sebagai Crazy Rich asal Pondok Indah ini lahir dengan nama lengkap Muhammad Fitno. Ia lahir pada tanggal 19 November 1973 di Pangkal Pinang dan Besar di Kepulauan Bangka.

Sebelum memutuskan untuk merantau ke jakarta, pria ini lahir dan besar di kepulauan bangka. Orang tuanya bukanlah orang kaya raya. Dia memulai semua usahanya dari ketekunan yang dilakukan.

 

Baca juga:

Cari Ketenangan, Komedian Aziz Gagap Bangun Pesantren Anak Yatim dan Ternak Kambing

 

Tahun 1992 dia lulus dari SMAN 2 pangkal pinang dan bercita-cita untuk menjadi orang sukses. Akhirnya dia memutuskan untuk merantau ke ibu kota jakarta.

Dia merantau ke jakarta hanya dengan modal Rp 50.000 sekitar tahun 1995, uang 50 ribu masih bisa digunakan untuk modal perjalanan dari bangka ke jakarta. Dia bertekad untuk kerja sesuai bidangnya dan bisa meraih kesuksesan di ibu kota ini.

Karier Pertama Sebagai Telemarketing

Sesampainya di jakarta, diam mencoba mencari lowongan pekerjaan. Sudah ratusan walk in interview yang ia datangi. Saat itu dia memiliki latar belakang pendidikan telekomunikasi.

Sehingga mencoba mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bidang tersebut. Setelah berkali-kali ditolak, akhirnya dia mendapatkan pekerjaan pertama sebagai seorang telemarketing.

Setiap harinya ia menawarkan produk ke klien melalui telepon. Gaji pertamanya hanya Rp 600 ribu. namun ia hanya bertahan dua bulan di pekerjaan telemarketing tersebut.

Bekerja di Turki

Dalam biografi HM Fitno diketahui bahwa perjalanan karirnya memang tidak semudah yang kita bayangkan. bahkan fitno pernah bekerja selama dua tahun di turki.

Dia bekerja di sebuah penyedia telekomunikasi di turki yaitu Turkcell. Dia bekerja sebagai tenaga ahli telekomunikasi. Ada banyak hal yang ia pelajari disana, hingga akhirnya selama dua tahun kembali ke indonesia.

Memilih Menjadi Pengusaha

Setelah terlalu lama bekerja di bidang telekomunikasi, Fitno memilih untuk menjadi pengusaha, sepulang dari turki dia mulai merintis usahanya. Usaha pertamanya masih berhubungan dengan bidang telekomunikasi.

Diketahui bahwa ia Mendirikan perusahaan bernama PT MAC Sarana Djaya. Perusahaan tersebut menyediakan hosting netral di cakupan indoor telekomunikasi Indonesia.

Perusahaan tersebut juga sebagai pemasok solusi sistem antena terdistribusi in-building serta menyediakan layanan penyewaan DAS ke seluruh operator telekomunikasi di Indonesia.

Sejak saat itu Fitno mulai memperluas usahanya, dengan membuat hotel, yang masuk ke jaringan F Hotel. Hotelnya sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, ia juga berinvetasi di salah satu ecommerce bernama ebaba yang diketahui merupakan ecommerce yang bergerak dibidang fashion muslim dan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Dia juga mulai membuka beberapa restoran dan diberi nama Kampoeng Bangka. Restoran ini menyajikan berbagai jenis makanan bangka. Lokasinya di Blok M jalan Panglima Polim No 102 Jakarta selatan.

Kaya Raya dan Rajin Sedekah

Meski memiliki sejumlah bisnis yang bernilai miliaran rupiah, HM Fitno tak serta merta lupa dan terlena dengan buaian harta kekayaan miliknya. Ia diketahui sering berbagi rezeki terhadap mereka yang membutuhkan. Seperti korban banjir di Bangka beberapa waktu silam, ia memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 1 juta kepada 350 kepala keluarga. Pada bulan Ramadhan, HM Fitno juga pernah membagi-bagikan 1.000 paket sembako kepada kaum dhuafa di Pangkalpinang dan sekitarnya dan 700 paket di Jakarta. Ia juga dikenal royal kepada para bawahan. Ia sering memberikan uang Rp 100 ribu kepada OB jika bertemu mereka setiap pagi.

Saking melimpahnya harta, 90 orang keluarganya pernah diajak keliling Eropa dan masing-masing diberi uang saku sebesar 3.000 Euro.

 

Baca juga:

Sadar Dosa Riba, Begini Kisah Hijrah El Chandra Tinggalkan Jabatan Tinggi di Bank

 

“Prinsip sedekah itu adalah tanda syukur kita kepada Tuhan yang telah begitu banyak memberikan nikmat, nikmat hidup kita, kita diberi nikmat sehat, nikmat kemudahan, jadi yang pasti apapun yang Tuhan berikan harus kita syukuri," tuturnya

Aktif di jejaring Instagram

Tak hanya di dunia nyata, HM Fitno juga cukup populer di jejaring Instagram. Lewat akun pribadinya fitno_fabulous, ia kerap mengunggah konten video dan foto yang menyoroti kehidupan dan kegiatan sehari-harinya. Bak seorang Vlogger profesional, Jalan-jalan, liburan dan menghadiri sebuah acara, merupakan hal-hal yang sering dibagikan HM Fitno melalui akun Instagramnya. Melalui media berbagi foto dan video itu pula, HM Fitno sering menyampaikan motivasinya terbaiknya, terutama dari sisi religius. Ia kerap membagikan nasihat tentang pentingnya berbagi atau bersedekah sebagai kunci sukses dalam segala hal, termasuk bisnis.


Back to Top