Cari Ketenangan, Komedian Aziz Gagap Bangun Pesantren Anak Yatim dan Ternak Kambing

gomuslim.co.id – Komedian yang memiliki ciri khas gagap dalam acara Opera Van Java (OVJ), Aziz Gagap belum lama ini mengumumkan hendak pensiun atau rehat dari dunia entertain. Pria bernama asli Muhammad Azis ini mengaku bahwa dirinya sudah memiliki niat untuk istirahat dari dunia hiburan sejak delapan tahun silam. Dia ingin fokus mengelola pondok pesantren (Ponpes) miliknya yang berada di Kampung Josol, Desa Sadeng, Bogor Jawa Barat.

Dalam wawancara bersama salah satu publik figure, Azis Gagap sempat mengungkapkan tentang perasaannya ketika memutuskan untuk hengkang dari gemerlapnya dunia entertain. "Saya berpikir, kalau yang belum mendapatkan mungkin pengin (seperti Aziz), tapi kalau sudah dapat, 'Oh ya sudah, begini doang dunia ya'," ujar Azis Gagap.

Ia mengungkapkan bahwa ada banyak hal sederhana yang membuatnya tersadar tentang hakikat dari mencari kebahagiaan dunia. Contoh kecil yang ia rasakan adalah, sepiring nasi. "Sekarang seperjalanan, 'Oh iya dulu gue megang uang Rp 10 ribu makan sepiring, sekarang sudah megang uang ada Rp 2 juta, di ATM 100 juta, eh, sepiring juga," ungkap sang komedian.

Ditanya soal tujuan dan pencarian hidupnya, Azis Gagap pun menjawab dengan satu jawaban sederhana, yakni ketenangan. "Ketenangan. Ketenangan itu hal yang luar biasa. Ketenangan, kebahagiaan, pokoknya yang enak-enak harus saya yang ciptain bukan orang lain," tegasnya.

Pria kelahiran Jakarta, 22 Desember 1973 ini mengungkapkan ingin menikmati hidup dengan tenang dan damai bersama orang-orang yang ia cintai tanpa ada riuh dari popularitasnya sebagai artis dan komedian.

"Kadang pengin jalan pakai masker, eh mata kita kelihatan, 'Bang Azis ya', bukan. 'Oh suaranya nih'. Kadang juga dia lihat gestur tubuh. Dan ketika ambil keputusan begini ya, dulu juga kita enggak dikenal kok," ujar pria yang kini berusia 46 tahun.

Membuat Pondok Pesantren 

Memasuki dunia entertain dan memulai karier keartisannya sejak tahun 2008 membuat Azis mulai bergelimpangan harta, meningkatkan derajat dan status sosial, dan populer. Namun ternyata, hal tersebut tidak lantas membuat Azis Gagap lupa diri.

Sebagai wujud syukur atas keberkahan yang ia dapatkan, pada tahun 2010, Azis memutuskan untuk mendirikan sebuah pesantren yang ia beri nama Ash-Habul Aziziyah. Pesantren tersebut diperuntukan bagi anak-anak yatim dan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi.

“Saya bikin pesantren itu pertama untuk hadiah orang tua. Kedua, saya tidak pernah mencicipi sekolah sampai tinggi, cuma sekolah SD. Karena itu saya tidak ingin ada anak-anak yang mengalami hidup seperti saya (tidak sekolah tinggi). Jangan sampai ! Bagaimana pun yang namanya pendidikan penting buat anak-anak,” ungkap ayah dari tiga orang anak tersebut.  

Azis menyebut bahwa semua santri di ponpesnya dibebaskan dari biaya apa pun alias gratis. “Alhamdulillah semuanya free. Saya tidak mengejar untung. Melihat mereka sekolah, mondok saja saya sudah senang,” lanjutnya.

Selain membangun pesantren, Azis juga membuat sebuah "Padepokan Aziziyah" di Bogor yang tidak dipungut biaya dan sekolah PAUD di Serpong, Tangerang.

Keputusannya untuk keluar dari dunia entertain pun, disampaikan Azis bahwa ia ingin mewakafkan diri dan mencoba memberi manfaat bagi masyarakat yang bermartabat, berpendidikan dan berakhlakul karimah. Ia ingin mengabdikan dirinya untuk mengurus pesantren dan ingin melakukan hal yang lebih bermanfaat untuk dirinya, juga orang lain.

Selain itu, hal teristimewa dari tujuannya membangun pesantren adalah ia ingin mempersembahkan untuk orangtuanya yang telah banyak berjasa. Azis merasa bahwa perjuangan yang luar biasa dari Abah dan Ibu-nya lah yang telah membuatnya lebih sukses. Sehingga, ia berusaha untuk membalas jasa keduanya dengan membangun pondok pesantren.

Ternak Kambing dan Domba

Selain hendak mendedikasikan diri untuk pesantren miliknya, pria dengan ciri khas rambut jambul pirang itu juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin fokus mengurus perternakan kambing dan dombanya.

Diketahui, Azis sendiri memang sudah lama memiliki peternakan kambing. Bahkan, dari hasil peternakannya tersebut, Azis menjadi pelanggan bagi para artis yang hendak melaksanakan ibadah qurna pada hari raya Idul Adha.

Dalam video live di channel Youtube Gagap Official Azis, ia tampak telaten ketika mengurus peternakan kambingnya. Bahkan ia tak kaku saat mencukur bulu kambing miliknya dengan tampilan sederhana, mengenakan kaos putih berlengan panjang. 

"Jadi memang harus telaten kalo ngerjain beginian (urus kambing)," ujar Azis.

Usai mencukur bulu kambing, Azis lantas meminta seseorang untuk menyiapkan air untuk kemudian ia akan memandikan kambingnya tersebut.

Sementara itu, diketahui bahwa keputusan Azis untuk hengkang dari OVJ belum di titik final. Pasalnya, Azis menyadari bahwa ia masih memikul tanggung jawab sehingga harus tetap bekerja.

Ia pun masih akan memastikan keputusannya itu dengan meminta izin waktu selama seminggu tidak tampil di program Opera Van Java. "Kayak kemarin bikin empang, nanem kangkung. Lagi persiapkan kalo memang udah harus di pondok tetep harus usaha, karena masih banyak tanggung jawab," pungkas Azis. (mga/dbs)


Back to Top