Tiga Masjid Bersejarah dan Ikonik di Lebanon

gomuslim.co.id – Lebanon, negara di Timur Tengah tersebut saat ini sedang hangat jadi perbincangan dunia, menyusul ledakan besar di Kota Beirut, yang diduga berasal dari sebuah gudang amonium nitrat. Bangunan di sekitarnya pun hancur, termasuk Masjid Muhammad Al-Amin yang mengalami rusak parah.

Negara ini juga menjadi bagian sejarah Islam. Misalnya, pernah di bawah kekuasaan dinasti atau Kekhalifahan Umayyah dan Abbasiyah. Lebanon juga memiliki beberapa masjid bersejarah, serta menjadi ikon negara itu.

Selain Masjid Muhammad Al-Amin, berikut ini tiga masjid bersejarah dan ikonik di Lebanon yang bisa kamu kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata religi, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Masjid Taynal (1336)

Terletak di Tripoli, Lebanon. Masjid Taynal merupakan bangunan sisa-sisa perang salib yang terjadi dari abad 11 hingga 17. Berdiri di tengah kebun, dan struktur bangunannya berupa batu pasir lonjong.

Menara masjid ini berbeda, tak seperti kebanyakan menara masjid lainnya yakni porosnya pendek persegi panjang.

Keunikan lainnya mencerminkan sisa-sisa gereja tentara salib. Beberapa pengelana abad pertengahan, termasuk pengembara abad ke-14 Ibnu Batutah, telah menulis dengan fasih tentang hal itu.

2. Masjid Al-Tawbat

Masjid Al-Tawbat adalah masjid di Tripoli, Lebanon dibangun dengan konstruksi Mamluk pada abad ke-14. Namun di tahun 1612 masjid ini sempat hancur akibat terjangan banjir.

Kemudian pada periode Ottoman bagunan masjid ini dipugar kembali. Di dalamnya terdapat sebuah prasasti yang menceritakan tentang pembangunan dan pemulihan oleh Hussein, Wali Kota Tripoli pada saat itu.

Sama seperti Masjid Taynal, bangunannya terbuat dari bebatuan dan pasir. Sehingga kesan Timur Tengah sarat sejarah semakin kental terasa.

3. Masjid Fakhreddine (1493)

Selanjutnya ada Masjid Fakhreddine, yakni sebuah masjid yang terletak di Deir el-Qamar, Lebanon. Dibangun pada 1493, merupakan masjid tertua di Gunung Lebanon.

Gaya bangunannya pun cukup sederhana, segiempat dan menaranya yang tidak terlalu tinggi. Terbuat dari bebatuan dan pasir membuat masjid ini semakin melegenda. (hmz/islampos/dbs)


Back to Top