Manfaat Puasa Dalam Melatih Kesabaran

gomuslim.co.id - Salah satu manfaat puasa adalah untuk melatih kesabaran sesorang. Saat berpuasa seseorang akan menahan makan dan minum dari pagi hingga sore. Meski lapar dan haus, seseorang harus bersabar menunggu waktu berbuka puasa.

Selain makan dan minum, puasa juga menahan untuk bersikap berlebihan, melakukan keburukan dan sebagainya. Sebagai contoh, saat kita berada di jalan dan mengalami hal yang tidak menyenangkan, maka kita harus menaham amarah.

Saat berpuasa, kita dilatih untuk terus berbuat kebajikan dan menahan keburukan. Hikmah puasa yang paling tegas adalah yang dinyatakan oleh Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah: 182 bahwa orang-orang beriman diperintahkan untuk berpuasa adalah agar mereka mencapai derajat taqwa, derajat tertinggi dari seorang manusia.

Di antara ciri manusia yang bertakwa adalah mereka senantiasa sabar dalam kesulitan, ujian, dan peperangan. Di sebuah Hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa adalah separuh sabar”.

Kebiasaan menahan beberapa hal yang diiginkan tersebutlah yang kemudian akan tertanam dalam pribadi. Kemudian rasa sabar dalam menyikapi suatu hal menjadi sebuah kebiasaan.

Dilansir dari Sindonews Makasar, Rektor Universitas UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi mengungkapkan, berpuasa dengan membaca niat adalah tindakan alamiah pada umumnya. Karena sudah diniati untuk beribadah spiritual kemudian dilatih dengan cara meninggalkan kebutuhan biologis.

Baca Juga: 

Tiga Jalan Agar Kita Semakin Dekat dengan Allah

“Maka dengan puasa akan terlatih semua jasmani dan rohani untuk bersabar, untuk tidak makan pada waktunya. Bahwa dengan puasa akan melatih orang untuk menahan diri sehingga akan membentuk orang menjadi takwa,” ungkap Yudian Wahyudi .

“Karena puasa itu melatih diri sendiri sehingga kesabaran ini melatih ketakwaan seusai puasa satu bulan penuh setelah menahan lapar dan haus. Jadi latihan dari orang baqil menjadi orang yang dermawan ini juga melatih kesabaran. Tidak gampang, maka dibantu dengan salat,” imbuhnya.

Menjaga kesabaran adalah hal mulia, sebab islam memerintahkan setiap insan untuk bersabar. Allah pun menjanjikan pahala bagi mereka yang bersabar dalam surat Az-Zumar ayat 10 yang artinya,“Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Baca Juga: 

Aa Gym: Salat Kunci Terpenting Pembuka Pertolongan Allah SWT

Sahabat gomuslim, demikianlah ulasan mengenai manfaat puasa untuk melatih kesabaran. Tidak hanya saat bulan Ramadan saja, puasa sunnah diluar Ramadan juga dapat melatih kesabaran kita. (wan)


Back to Top