Peristiwa-Peristiwa yang Terjadi di Bulan Jumadil Awal

gomuslim.co.id - Jumadil Awal (جمادى الأولى) adalah bulan kelima dalam penanggalan tahun Hijriyah. Nama Jumadil Awal atau Jumadil Ula Berasal dari kata jumadi جَمُدَ (beku, dingin) dan awal (pertama).

Dinamakan Jumadil Awal karena bulan ini merupakan awal musim dingin. Karena ketika itu keadaan begitu dingin sehingga air sampai membeku.

Banyak peristiwa yang terjadi di bulan Jumadil Awal seperti terjadi peperangan antara Rasululullah dan kaum muslimin melawan Bani Sulaim. Nah berikut ini beberapa peristiwa penting dalam Islam yang ada di bulan Jumadil Awal:

  • Lahirnya cucu Rasulullah saw.

Lahirnya Sayyidah Zainab putri Ali bin Abi Thalib dan Fathimah Az-Zahra. Ia lahir tanggal 5 Jumadil Awwal 5 H dan wafat pada Bulan yang sama tanggal 13 Jumadal Awwal 11 H dengan Fatimah Az-Zahrah wafat.

Ia adalah putri bungsu Rasulullah saw. yang menyaksikan perjuangan berat orang tuanya mendakwahkan agama Allah Swt.

  • Pertempuran "Moota"

Pertempuran Moota terjadi di bulan Jumadil Awal. Nabi Muhammad SAW tidak berpartisipasi dalam pertempuran ini. Khalid bin Walid ditunjuk oleh Nabi Muhammad sebagai jenderal keempat dari pertempuran Moota. Khalid bin Walid juga dijuluki sebagai "salah satu pedang Allah".
Moota adalah nama sebuah kota di Suriah yang menjadi tempat pertempuran ini.

  • Nabi Muhammad SAW Menikahi Khadijah

Di bulan Jumadil Awal juga Nabi Muhammad SAW menikahi istri tercinta yakni Khadijah binti Khuwailid. Khadijah menjadi wanita yang paling dicintai nabi Muhammad. Khadijah adalah satu-satunya orang yang diberi salam oleh Allah SWT melalui jibril ketika jibril menemui Muhammad.

  • Wafatnya Sahabat Nabi

Di bulan Jumadil Awal, juga terdapat terdapat beberapa peristiwa wafatnya sahabat nabi yaitu:
- Zaid bin Haritsah, sahabat nabi Muhammad dan pemeluk Islam paling awal dari kalangan bekas budak nabi Muhammad.
- Ja'far bin Abi Thalib, putra dari Abu Thalib, sepupu nabi Muhammad dan kakak dari Khalifah ke-4, Ali bin Abi Thalib.
- Abdullah Ibn Rawaahah, salah satu sahabat nabi Muhammad SAW.

  • Perang Al-Ashirah

Dikutip dalam buku berjudul 'Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah' oleh Ida Ditri Shohibah, peperangan "Al-Ashirah" pada tahun kedua hijriah, dipimpin oleh nabi Muhammad SAW. Tidak terjadi pertempuran disebabkan perjanjian damai yang diantara Rasulullah SAW dengan Bani Mudlij dan penyokong mereka Bani Hamzah.

  • Lahirnya Imam al-Ghazali

Jumadil Awwal juga merupakan bulan kelahiran beberapa ulama dan awliya’ besar, seperti Imam al Ghazali dan Imam Ali Zainal Abidin.

Larangan di Bulan Jumadil Awal

Di kalangan masyarakat Indonesia, masih ada kepercayaan bahwa Jumadil Awal bukan bulan yang baik untuk melaksanakan pernikahan. Kepercayaan tersebut tidak berdasar dan tidak diketahui sumbernya.

Masyarakat yang meyakininya beranggapan bahwa menikah di bulan Jumadil Awal akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi penuh dengan fitnah atau tidak bahagia. Ada juga yang menyebutkan bahwa menikah di bulan Jumadil Awal akan menghadirkan banyak musuh. Itu disebabkan adanya keyakinan dimana bulan Jumadil Awal adalah bulannya fitnah.

Apabila tetap memaksakan diri menikah di bulan Jumadil Awal, maka mempelai harus bersiap menanggung peristiwa-peristiwa yang akan terjadi. Karenanya, jika memang ingin menikah di sekitar waktu itu, disarankan untuk diundur ke bulan Jumadil Akhir.

Tidak ada larangan dalam Islam ketika ingin melakukan pernikahan. Setiap waktu yang diberikan oleh Allah SWT merupakan waktu baik.

Wallahu a’lam Bishawab


Back to Top