Pusar Manusia adalah Akibat Pukulan Iblis Ketika Nabi Adam as Diciptakan

gomuslim.co.id – Pusar adalah suatu tanda lubang tertutup di atas perut. Diketahui, pusar yang ada di atas perut manusia adalah merupakan tanda dari pukulan iblis ketika Nabi Adam diciptakan.

Ibnu ‘Abbas ra mengatakan bahwa setelah Adam as berbentuk tanah kering seperti tembikar, maka Iblis yang terkutuk datang kepadanya. Kemudian dengan tangannya dia memukul perut Nabi Adam.

Dari pukulan tersebut, tempat kena pukulannya menjadi pusar. Pusar merupakan tanda dari pukulan Iblis. Penyebab si Iblis memukul perut Adam as adalah agar dia mengetahui apakah perut itu berlubang atau tidak.

Setelah dia mengetahui perut itu berlubang, maka si Iblis masuk ke dalam perut Adam. Kemudian dia melihat ke semua anggota badannya, lahir dan batinnya, dan semua uratnya, kecuali hatinya. Sebab, tidak ada satu pun yang bisa mengetahui kecuali Allah.

Si Iblis terhalang untuk masuk ke hati karena hati itu merupakan Rumah Tuhan. Karena Iblis yang terkutuk masuk ke dalam sekujur tubuh Adam, maka dikatakan bahwa sesungguhnya setan mengalir dalam aliran darah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah...” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 3281 dan Muslim no. 2175).(mga)

Sumber : Instagram @muhammad_khalil_99


Back to Top