9 Manfaat Konsumsi Buah Kurma yang Harus Kamu Tahu

gomuslim.co.id – Mayoritas muslim pasti tidak asing lagi dengan buah kurma. Ya, buah yang menjadi makanan favorit Nabi. Tahukah kamu kalau buah kurma ternyata mempunyai segudang manfaat. Tidak heran kalau Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi buah ini, khususnya saat berbuka puasa. 

Rasullullah SAW bersabda, “Barang siapa yang pagi hari akan tujuh butir kurma ajwa, maka tidak akan memberi mudharat kepadanya pada hari itu baik racun dan tidak pula sihir,” Muttafaqun Alaih (2047-5779).

Sedangkan Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata, “Dan diharapkan, bahwa Allah memberi manfaat dengan jenis kurma yang lain, jika di pagi hari makan tujuh butir kurma. Saya kir disebutkan pada sebagian riwayat dengan menyebutkan kurma tanpa pembatasan (hanya kurma ajwa saja).” Majmu’ Fatawa (8/109).

Syeikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Guru kami Ibu As Sa’di rahimahullah berpendapat bahwa hal itu (penyebutan kurma ajwa) hanya sebagai contoh saja. Dan yang dimaksudkan adalah kurma secara mutlak. Maka dengan dasar inilah, hendaknya manusia setiap paginya makan tujuh butir kurma.” Syarh Mumti’ (5/123).

Berikut beberapa contoh manfaat kurma berdasarkan kandungannya:

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Studi menunjukkan bahwa kurma memiliki efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini dikaitkan dengan kandungan beta-glukannya, yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks yang disarankan oleh para dokter untuk dikonsumsi.

Selain itu, kurma juga mengandung jumlah tinggi senyawa fenolik dan karotenoid (keduanya yang memiliki sifat melawan kanker) serta vitamin yang semuanya dianggap berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

2. Mencegah Sembelit

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang memiliki peran penting dalam diet sehat. Agar semuanya berjalan lancar, ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram serat sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, sehingga membantu mencegah sembelit yang menakutkan.

Kurma juga diyakini dapat melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), kamu bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah kontipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kurma dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Kasium terlibat dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah kita. Penelitian mengungkapkan, bahwa diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

4. Mencegah Penyakit Mata karena Usia

Kurma juga mengandung senyawa yang membantu menghentikan perkembangan penyakit mata terkait usia. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma merupakan sumber kuat zeaxanthin dan lutein, yang merupakan jenis karotenoid yang ada di jaringan mata dan memiliki sifat antioksidan.

Oleh karena itu, senyawa-senyawa ini dianggap berguna dalam mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula (makula: bagian tengah retina) pada individu lansia.

5. Sumber Energi dan Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Kurma, yang mengandung kadar B1, vitamin B2, dan niasin (B3) tingkat sedang, serta vitamin B6, membantu kita memenuhi kebutuhan vitamin B harian kita. Vitamin B yang disebutkan di atas terlibat dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, yaitu mendapatkan energi dari nutrisi ini.

Kurma juga berperan penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat. Ketika kekurangan vitamin ini, kemungkinan besar tubuh akan mengeluh tentang fluktuasi dan penurunan tingkat energi, kelelahan dan masalah konsentrasi.

6. Baik untuk Memperkuat Tulang

Dalam hal kesehatan tulang, mineral pertama yang muncul di benak adalah kalsium. Penyerapan kalsium sendiri sama pentingnya dengan asupannya. Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang bekerja bersama untuk melindungi kesehatan tulang dan penyerapannya meningkat ketika dikonsumsi bersamaan.

Mengonsumsi kurma yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan seng, serta fosfor setiap hari membantu kita meningkatkan kesehatan tulang kita dan mencegah kondisi seperti osteoporosis. Meskipun nilai gizi kurma tergantung pada jenisnya, apakah itu segar atau kering, tingkat kematangannya dan kondisi pertumbuhannya, kurma adalah superstar nutrisi. 

7. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan!

Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang  dan membantu mengatur gula darah. 

9. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain. (mga/belajarislam/klikdokter/kompas)



Back to Top