Tiga Olahraga yang Disukai Rasulullah

gomuslim.co.id - Dalam beberapa riwayat hadits, Rasulullah SAW menyebutkan beberapa jenis olahraga yang dianjurkan. Ini jelas menunjukkan bahwa Islam memiliki perhatian khusus bagi aktivitas fisik dan kesehatan umatnya. 

Tentu bukan hanya muslim, tapi kaum non muslim juga bisa mendapatkan manfaat dengan berlatih olahraga ini. Berikut jenis-jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW:

1. Memanah

Memanah adalah jenis olahraga kuno yang digunakan para prajurit untuk meningkatkan keterampilan mereka khususnya dalam perang. Olahraga ini membutuhkan perhatian fisik dan mental sehingga akan membantu memeliharan keduanya.

Lebih dari sekadar hiburan dan permainan, Rasulullah memandang bahwa memanah merupakan satu bentuk persiapan kekuatan yang diperintahkan Allah SWT.

Ketika perang di masa Rasulullah, memanah merupakan sebuah ‘kekuatan’ yang membantu umat Islam dalam mencapai kemenangan. Kekuatan yang dimaksud tersebut dicantumkan Allah SWT dalam firmannya di Alquran surat Al-Anfal ayat 60, yang artinya:

Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup…

Arti dari ‘kekuatan’ yang ada pada surat tersebut lalu ditafsirkan oleh Rasulullah yaitu: “Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.” (HR. Muslim)

Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini menjelaskan bahwa memanah lebih ke fokus dan melatih otot-otot. Meski kelihatannya hanya berdiri, tapi kaki harus ototnya kuat, termasuk otot perutnya. Jadi semua stabilisasi keseimbangan sangat dilatih dalam olahraga ini.

2. Berkuda

Olahraga yang satu ini bertujuan untuk menguatkan badan, melatih ketangkasan dalam melakukan gerakan, mempercepat serangan, menambah keberanian, kepercayaan diri, kecerdasan, dan melatih kemampuan. 

Dilansir dari lifeinsaudiarabia, Nabi Muhammad SAW pernah disebutkan berpartisipasi dalam pelatihan berkuda untuk meningkatkan kekuatan otot-ototnya.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam al-Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: “Kuda itu diikat ubun-ubunnya dengan kebaikan.” 

Jadi, berkuda merupakan salah satu olah raga yang mengandung unsur kebaikan jika dilakukan, karena ia juga erat hubungannya dengan aktivitas berjihad di jalan Allah SWT.

Dari hadits riwayat Ahmad, menyebutkan jika Umar pernah berkata, “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”

Berkuda mungkin seperti bersepeda, tapi jauh lebih menantang karena goyang-goyang. Selain melatih untuk mengontrol apapun yang dipegang, keseimbangan juga perlu dilatih. Kemudian butuh daya tahan pada saat berkuda.

3. Berenang

Seperti yang sudah kita ketahui, berenang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain menjaga pernapasan, renang membantu meninggikan badan, bahkan menyehatkan jantung. Renang juga sangat efektif dalam membakar kalori tubuh.

Sebuah hadits menyebutkan, dari Jabir bin Abdillah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i)

Renang adalah kardio murni untuk menggunakan otot. Renang termasuk olahraga yang tingkatannya sedang ke tinggi. (hmz/dbs)


Back to Top