Ini Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rabiul Awal

gomuslim.co.id - Bulan Rabiul Awal adalah bulan ke-3 dalam urutan kalender hijriah setelah bulan Muharram dan bulan Safar. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh pemeluk agama Islam di seluruh dunia. Bulan tersebut menjadi istimewa karena lahirnya Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

Tak hanya itu, dalam sejarah islam ternyata banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Awal ini.

1. Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awal di kenal dengan Bulan Maulid yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tanggal Tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW ada banyak pendapat. Ada yang menyebut Nabi Muhammad SAW lahir pada 8 Rabiul Awal, 10 Rabiul Awal, 12 Rabiul Awal, dan 17 Rabiul Awal.

Namun, yang masyhur di kalangan para ulama, Nabi Muhammad SAW lahir di bulan Rabiul Awal tanggal 12 Rabiul Awal 53 sebelum hijrah/ 21 April 571 M di Mekkah Al-Mukarromah.

Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad berkata,

لا خلاف أنه ولد صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بجوف مكّة ، وأن مولده كان عامَ الفيل .

“Tidak ada khilaf di antara para ulama bahwa Rasulullah ﷺ lahir di kota Mekkah. Dan kelahirannya adalah di tahun gajah.”


Baca juga:

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Safar

 

2. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW wafat tepat pada hari lahirnya 12 Rabiulawal tahun 11 hijrah bertepatan 7 Juni 632M. Baginda wafat di rumah Aisyah RA dan dikebumikan di Madinah al Munawwarah.

3. Hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah

Pada 17 Rabiul Awal, Nabi Muhammad dan umat muslim lainnya melakukan hijrahnya secara besar-besaran dari Makkah ke Madinah. Hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah kemudian diperingati Umar bin Khattab sebagai lahirnya tahun Hijriah.

4. Dibangunnya Masjid Pertama, Masjid Quba

Saat melakukan perjalanan hijrah, Nabi Muhammad dan rombongan sempat mampir di daerah Quba. Di sana, Rasulullah menginap di rumah Amr bin Auf selama empat hari. Selama berada di Quba, Rasulullah membangun masjid untuk pertama kalinya, yakni Masjid Quba.

5. Salat Jumat Untuk Pertama Kalinya

Tidak hanya membangun masjid, Nabi Muhammad juga mendapatkan wahyu untuk mengerjakan salat Jumat saat melakukan perjalanan hijrah di bulan Rabiul Awal. Maka, Nabi dan sahabat pun melakukan salat Jumat. Ini merupakan salat Jumat pertama kalinya yang dilaksanakan Rasulullah.

6. Abu Bakar Ash-shidiq RA Diangkat Menjadi Kalifah

Pada bulan Rabiul Awal tepatnya setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW para sahabat sepakat mengangkat Sayyidina Abu Bakar RA menjadi kholifah pengganti Nabi Muhammad SAW.

 

Baca juga:

Inilah Peristiwa Penting yang Terjadi pada 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah

 

Selain peristiwa penting di atas, masih ada beberapa peristiwa penting lainnya yang terjadi di bulan Rabiul Awal. Di antaranya:

  • 7 Rabiul Awal 543 H/1 Agustus 1148: Tentara Salib gagal menaklukkan Damaskus untuk kedua kalinya
  • 17 Rabiul Awal 950 H/ 20 Juni 1543 M: Turki Utsmani menaklukkan Sisilia
  • 10 Rabiul Awal 979 H/ 1 Agustus 1571 M: Turki Utsmani menaklukkan Siprus
  • 8 Rabiul Awal 1089 H/ 30 Maret 1678 M: Sultan Turki Utsmani Muhammad IV menyerang Rusia
  • 13 Rabiul Awal 1190 H/ 2 Mei 1776 M: Turki Utsmani mengumumkan perang dengan Iran
  • 28 Rabiul Awal 1243 H/ 20 Oktober 1827 M: Armada Eropa meruntuhkan armada Turki Utsmani di Navarinu, dekat pantai Yunani
  • 14 Rabiul Awal 1347 H/ 1 November 1928: Mustafa Kemal Ataturk menghapuskan huruf Arab dari Turki
  • Pembukaan Baitul Maqdis oleh Salahuddin al Ayyubi setelah tentera Islam menewaskan tentara salib pada 583H.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi di Bulan Rabiul Awal, semoga dengan mengingat peristiwa-peristiwa ini semakin menambah keimanan dan keislaman kita.


Back to Top