Cara Bayar Utang Jika Tidak Tahu Dimana Orangnya

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, memiliki utang pasti menjadi sebuah beban jika belum melunasinya. Terlebih, jika kita mengingat utang kepada seseorang, tapi kita sudah tidak tahu keberadaan orang tersebut. Pastinya akan sangat menyulitkan jika utang tersebut belum terbayar namun kita sulit menemukan orang tersebut.

Dalam sebuah Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah dikatakan bahwa: 

"Wajib bagi engkau bertanya dan bersungguh-sunggu sampai engkau tahu tempat dan alamatnya. Kemudian engkau kirimkan hak mereka (utang), jangan terburu-buru (menyimpulkan tidak ketemu). Jika sudah benar-benar tidak ketemu maka bersedekah dengan niat pahala bagi mereka. Kapanpun engkau bertemu, maka mereka diberi pilihan. Jika mereka menerima sedekah itu, pahalanya untuk mereka dan jika tidak menerima, maka pahala sedekah untukmu dan engkau tetap wajib membayar utangmu."

Jika orangnya sudah meninggal, maka kita berusaha mencari ahli warisnya. Demikianlah kaidah secara umum jika kita memegang harta orang lain.

Sedangkan Imam An-Nawawi berkata:

Jika pemiliknya sudah meninggal, wajib menyerahkan kepada ahli warisnya. Namun jika pemilik dan ahli warisnya tidak diketahui juga dan sudah bersungguh-sungguh mencari, maka hendaknya harta tersebut disedekahkan untuk kemaslahatan kaum Muslimin, seperti untuk membangun jembatan, masjid, menjaga perbatasan negara Islam, dan sektor lain yang bermanfaat untuk segenap kaum Muslimin atau boleh juga ia sumbangkan kepada fakir miskin.”

Berikut cara membayar utang jika kita tidak tahu dimana orangnya:

1) Bersungguh-sungguh mencari alamat orang tersebut, dan tidak terburu-buru menyerah.

2) Jika tidak ketemu, maka bersedekah senilai utang tersebut atas namanya untuk kepentingan kaum muslimin.

3) Jika suatu saat bertemu, maka dijelaskan tentang sedekah itu, jika dia ridha maka utang terbebas dan jika tidak maka tetap wajib membayar utang tersebut dan sedekah tadi menjadi pahala yang berutang tadi.

4) Jika orangnya sudah meninggal maka berusaha mencari ahli warisnya, jika tidak ketemu maka sedekahkan. (mga)

Sumber : Instagram @indonesiamengaji.id


Back to Top