Ini 8 Manfaat Gerakan Sujud Bagi Kesehatan 

gomuslim.co.id - Sujud merupakan salah satu gerakan wajib yang dilakukan umat Muslim setiap melaksanakan salat. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh menunduk serendah-rendahnya, yaitu hingga dahi menyentuh tanah. 

Bukan tanpa alasan, dalam pandangan Islam, gerakan sujud merupakan sebuah simbol pengakuan umat Muslim sebagai makhluk Tuhan yang penuh dengan segala kelemahan dan ketidakberdayaan.

Dalam pelaksanaan salat, gerakan sujud dilakukan dua kali dalam setiap rakaat. Selain dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung jari kaki, menempel pada sajadah. Bukan hanya sebagai simbol kerendahan diri di hadapan Allah, gerakan sujud juga sebagai bentuk kesungguhan umat muslim untuk memohon doa dan ampunan kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Alquran menggunakan kata sujud untuk berbagai arti. Sekali diartikan sebagai penghormatan dan pengakuan akan  kelebihan pihak lain, seperti sujudnya malaikat kepada Adam pada Alquran surat Al-Baqarah (2): 34.

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

Selain itu, ternyata gerakan sujud juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Melakukan gerakan sujud dengan menundukkan tubuh hingga menyentuh tanah, dikatakan dapat melancarkan oksigen ke otak. Bukan hanya itu, posisi sujud dinilai juga baik untuk melancarkan sistem organ pencernaan. Lebih dari itu, gerakan sujud masih menyimpan berbagai macam manfaat bagi kesehatan yang tidak kalah penting.

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk menjelaskan, tidak ada senam yang lebih baik dari yang dilakukan seorang Muslim seperti sujud. Manfaat bagi kesehatan, yaitu ketika sujud, maka akan ada suplai aliran darah menuju ke otak yang akan membuat otak menjadi sehat.

Saat manusia bernapas secara normal, maka sepertiga udara akan tersisa di paru-paru. Tetapi saat manusia bernapas di waktu sujud, maka abdormal fetra akan menekan diafragma.

Diafragma akan mengeluarkan sisa udara tadi. Jadi, manusia bisa bernapas dengan lebih segar. Dikarenakan manusia menghirup udara yang lebih segar, maka besar kemungkinan paru-paru akan lebih sehat.

Selain itu, saat seseorang bangkit dari sujud, ada tekanan lebih pada otot betis. Otot betis menurut pendapat ilmu medis dikenal sebagai peripheral heart yang akan memompa darah ke bagian bawah tubuh.

Lalu, efek apa kesehatan yang kita dapat saat sujud?

1. Melancarkan Oksigen ke Otak

Manfaat sujud bagi kesehatan yang pertama dapat melancarkan oksigen ke otak. Dalam hal ini, posisi jantung berada lebih tinggi di atas otak, dengan begitu darah bisa mengalir lebih baik di dalam tubuh. 

Bukan hanya itu, pada posisi ini dinilai juga mampu melancarkan oksigen ke arah otak. Hal ini berguna untuk meningkatkan fungsi miliaran sel saraf dalam tubuh. Ini merupakan salah satu manfaat sujud bagi kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh.

2. Menghilangkan Sakit Kepala

Manfaat sujud bagi kesehatan selanjutnya mampu menghilangkan sakit kepala. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, gerakan sujud yang dapat mengalirkan oksigen lebih baik menuju otak juga bermanfaat untuk meredakan hingga mencegah sakit kepala atau migraine.

Selain itu, gerakan sujud juga dapat mempertajam pikiran dan meningkatkan mental seseorang. Bukan hanya itu, sujud juga dapat memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah halus dhingga bisa mencegah stroke.

3. Mengatasi Insomnia

Manfaat sujud bagi kesehatan yang tidak kalah menarik mampu mengatasi insomnia. Perlu diketahui, bahwa insomnia merupakan gangguan tidur yang disebabkan karena aliran darah dalam tubuh yang kurang lancar serta kondisi stres yang berlebihan. Dalam hal ini, gerakan sujud bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk mengatasi masalah insomnia.

Di sini, posisi sujud bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh sekaligus dapat menenangkan pikiran. Ini merupakan manfaat sujud bagi kesehatan yang tidak boleh dilewatkan.

4. Melancarkan Aliran Getah Bening

Manfaat sujud bagi kesehatan berikutnya adalah dapat melancarkan aliran getah bening. Posisi sujud yang meletakkan dahi, hidung, lutut, kedua telapak tangan, dan ujung jari sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran getah bening ke beberapa bagian tubuh. Mulai dari ketiak, leher, serta kepala.

5. Memperbaiki Produksi Kelenjar Susu

Bagi ibu menyusui, tentu saja sangat diuntungkan dengan manfaat sujud bagi kesehatan yang satu ini. Dikatakan bahwa gerakan sujud sangat berguna untuk memproduksi kelenjar susu. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kontraksi otot yang berpusat pada tubuh bagian atas, saat seorang ibu melakukan gerakan sujud. Hal ini kemudian dapat memperbaiki kelenjar susu sehingga dapat menghasilkan produksi ASI yang lebih banyak untuk bayi.

6. Melancarkan Pencernaan

Manfaat sujud bagi kesehatan yang tidak kalah penting selanjutnya ternyata juga baik untuk melancarkan pencernaan. Saat melakukan sujud, kedua lutut yang ditekuk berguna untuk mengatasi kejang dan kram otot. Selain itu, posisi badan yang menunduk serta dahi menempel pada permukaan tanah pun dapat membuat sistem kerja organ pencernaan lebih lancar.

7. Melancarkan Pernapasan

Bukan hanya melancarkan pencernaan, ternyata sujud juga dapat melancarkan pernapasan. Manfaat sujud bagi kesehatan yang satu ini didapatkan dari kondisi abnormal fetra yang semakin menekan area diafragma.

Kemudian, diafragma akan mengeluarkan udara yang tersisa pada paru-paru. Dengan kondisi ini, proses pernapasan yang berlangsung dalam tubuh akan bekerja lebih baik. Bukan hanya itu, melalui hal ini organ paru-paru juga akan lebih sehat.

8. Mencegah Wasir

Manfaat sujud bagi kesehatan berikutnya dapat mencegah wasir. Saat melakukan sujud, seseorang juga secara otomatis akan melakukan posisi menungging. Posisi ini dikatakan sangat baik untuk melancarkan pencernaan, serta mampu mencegah penyakit wasir. Dengan begitu, sujud merupakan salah satu gerakan yang bisa menghindarkan tubuh dari penyakit, termasuk penyakit wasir.

Manfaat sujud bagi kesehatan yang terakhir adalah mampu menguatkan otot-otot tubuh. Hal ini didapatkan dari, posisi tubuh yang hendak berdiri setelah melakukan gerakan sujud. Di sini, otot betis akan mendapatkan tekanan lebih dari biasanya, sehingga bisa membantu membuat otot tersebut semakin kuat.

Selain itu, otot betis ini juga bermanfaat untuk memompa darah secara lancar ke seluruh tubuh bagian bawah. Lebih dari itu, gerkan sujud juga mampu menguatkan otot-otot lain seperti otot bahu, leher, dada, perut serta punggung. Wallahua'lam Bisshawab. (hmz)

Sumber:

- Buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani


Back to Top