Ini 3 Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT

gomuslim.co.id - Ada banyak cara bagi umat Muslim untuk menjadi manusia yang disayangi oleh Allah SWT. Bukan berarti Allah SWT tidak menyayangi kita, ya. Tapi, jika kita melakukan perbuatan baik dan amalan saleh selama di dunia, Allah SWT akan semakin menyayangi kita sebagai umat-Nya.

Allah SWT menciptakan manusia untuk tujuan yang mulia, yaitu mengabdi dan beribadah kepada-Nya. Sebagai manusia, kita tentu mau dong meraih keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat? Untuk mewujudkan itu, kita perlu melakukan amalan-amalan yang akan menuntun kita meraih hal itu. Seorang hamba wajib mengimani dan melaksanakan semua syariat-Nya yaitu Alqur'an dan Sunnah Nabi ditambah ijtihad para ulama.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 13 yang artinya:

Sebagaimana dalam firman-Nya, "Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa". (QS Al-Hujurat:13)

Membahas tentang amalan saleh, mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa keselamatan dan kebahagian dunia dan akhirat itu sulit sekali diraih jika tidak diiringi dengan ibadah, perbuatan baik, dan amalan saleh.

Sebenarnya kita kan tidak tahu, apakah di akhirat kelak akan masuk surga atau neraka. Tapi, selama kamu melakukan tiga amalan simpel alias sangat mudah dan dilakukan secara terus menerus, inshaallah akan diberikan tempat terbaik di akhirat kelak oleh-Nya.

Berbicara tentang amal saleh, ada banyak amalan yang bisa mendatangkan ridha Allah. Selain menghidupkan lima pokok rukum Islam, umat Islam harus melaksanakan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam surah Al-Kahfi ayat 110, Allah berfirman: "Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nya."

Lantas, apa saja amalan yang paling disukai Allah Ta'ala? Pertanyaan ini pernah diutarakan oleh sahabat kepada Rasulullah SAW.

"Wahai sekalian manusia. Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian bosan. Dan sungguh, amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, sebagaimana hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abdullah Ibnu Mas'ud RA berkata, 'Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan yang paling dicintai Allah Ta'ala? Beliau SAW menjawab, 'salat pada waktunya'. Kemudian apalagi? Beliau menjawab, 'Berbakti kepada kedua orangtua'. Kemudian apalag? Beliau menjawab, "Jihad fii sabilillah".

Berikut amalan yang dicintai Allah SWT:

1. Melaksanakan Salat Tepat Waktu

Amalan pertama yang paling disukai oleh Allah SWT adalah melaksanakan salat wajib tepat waktu. Jangan pernah menganggap remeh hal ini karena salah bisa dikatakan sebagai pembeda antara seorang Muslim dan non-Muslim. Terlebih lagi, ini adalah amalan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 103 yang artinya:

"Sesungguhnya salat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman."

Rasulullah SAW juga pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau menjawab, "Salat di awal waktunya." (HR. Abu Daud)

Urusan salat adalah perkara serius dalam Islam. Salat menjadi pembeda (pemisah) antara seorang muslim dan non muslim dan merupakan perkara yang pertama kali dihisab pada hari kiamat.

2. Berbakti kepada Orang Tua (Birrul-Walidain)

Amalan lainnya yang paling dicintai Allah SWT adalah berbakti kepada orang tua. Ini adalah bentuk kewajiban yang harus dilakukan seorang anak untuk membalas segala jasa-jasa orang tua mereka.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahqaaf ayat 15 yang artinya:

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Di ayat lain, Allah berfirman: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua". (QS. An-Nisa: 36).

Dalam hadits disebutkan ada seorang lelaki yang meminta izin kepada Nabi SAW untuk pergi berjihad, beliau bersabda: "Apakah orangtuamu masih hidup?". Lelaki tadi menjawab: "Iya". Nabi bersabda: "Kalau begitu datangilah kedunya dan berjihadlah dengan berbakti kepada mereka," (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Allah SWT dan Rasulullah SAW mengaitkan antara ridha orang tua sama dengan ridha Allah SWT. Kalau orang tua tidak ridha, maka Allah SWT pun sama. Berbakti bukan sekadar menghormati, tetapi melakukan kegiatan baik yang membuat orang tua senang dan bahagia. Sebagai orang Muslim, sudah seharusnya kita seperti itu.

3. Jihad di Jalan Allah (Al-Jihadu fii Sabilillah).

Selain salat dan berbakti kepada orang tua, berjihad di jalan Allah SWT adalah salah satu amalan yang sangat disenangi Allah SWT.

Kedudukan jihad di sisi Allah sangat besar dan keutamaannya diganjar pahala besar. Allah berfirman dalam Surah Al-Hajj ayat 78: "Berjuanglah kalian di jalan Allah dengan perjuangan yang sebenar-benarnya...,"

Jangan berpikir berjihad itu harus berperang seperti yang ada di zaman-zaman nabi, ya. Menuntut ilmu adalah salah satu bagian dari berjihad.

Para ulama mengatakan, "Menuntut ilmu adalah bagian dari jihad di jalan Allah, karena agama ini bisa terjaga dengan dua hal yaitu dengan ilmu dan berperang (berjihad) dengan senjata. Sampai-sampai sebagian ulama berkata, "Sesungguhnya menuntut ilmu lebih utama daripada jihad di jalan Allah dengan pedang."

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 95 yang artinya:

"...Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar."

Allah menjanjikan surga bagi mereka yang berjihad. Rasulullah SAW bersabda: "Wajib atas kalian berjihad di jalan Allah Ta'ala, karena sesungguhnya jihad di jalan Allah itu merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu Surga, Allah akan menghilangkan dengannya dari kesedihan dan kesusahan".

Oke Sahabat, jika kamu menjalan secara konsisten ketiga amalan tersebut, amalan itu akan menuntunmu untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.

Allah SWT sangat menyukai amal yang secara konsisten dijalankan meskipun itu adalah hal yang kecil dan simpel. Kamu tidak perlu melakukan kebaikan besar apalagi sampai di luar kemampuan, amalan kecil saja jika dilakukan secara terus menerus akan dicintai oleh Allah SWT. Wallahua'lam Bisshawab. (hmz)

Sumber:

- Amalan Yang Paling Dicintai ALLAH SWT, Ust Abdul Somad Lc, MA. Penerbit: Zikrul Hakim


Back to Top